Jenis Bunga Lavender dan Manfaatnya

Langkah-Langkah Membuat Pupuk Kompos
Langkah-Langkah Membuat Pupuk Kompos
January 22, 2018
Show all

Jenis Bunga Lavender dan Manfaatnya

Jenis-Bunga-Lavender-dan-Manfaatnya

Jika berbicara bunga lavender, pastinya tanaman ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena bunga lavender ini merupakan jenis tanaman yang sering digunakan sebagai hiasan taman dan pekarangan rumah, bahkan juga bisa dijadikan sebagai penangkal nyamuk.

Namun, sebenarnya bunga lavender ini bukanlah tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Lavender atau lavender atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Bunga lavender berasal dari negara Perancis. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil.

Bunga Lavender ini pun juga tersebar di kawasan Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Banyak dari bunga lavender ditanam dan dikembangkan secara luas di iklim sedang sebagai tanaman hias, bahan kuliner, dan ekstrak minyak esensial untuk keperluan komersial. Tanaman yang satu ini pun sering ditemukan tumbuh secara liar di luar daerah asalnya.

Tanaman lavender ini juga sebenarnya adalah jenis tanaman yang sudah lama dibudidayakan di kebun bibit bandung yang mana di daerah tersebut hampir semua jenis tanaman telah dibudidayakan dan dijual dengan harga yang sangat ekonomis termasuk dengan bunga lavender. Nah inilah beberapa jenis bunga lavender yang sudah dibudidayakan di kebun bibit Bandung. Berikut ulasannya.

Jenis Bunga Lavender Dan Manfaatnya antara lain:

Salvia officinalis

Salvia officinalis atau disebut juga dengan bunga sage taman yang merupakan jenis bunga lavender yang berasal dari genus salvia dan berasal dari wilayah Mediterania.

Jenis ini memiliki tinggi tanaman 60 cm, berdaun lonjong dengan panjang 6,4 cm dan lebar 2,5 cm. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan memiliki bulu-bulu halus. Memiliki bunga yang berwarna putih, pink, atau ungu (paling sering) dan biasa muncul saat akhir musim semi atau musim panas.

Jenis lavender ini bermanfaat sebagai bumbu pelengkap masakan di Eropa dan Barat, serta mengandung minyak esensial.

Lavandula stoechas (lavender Spanyol)

Lavandula Stoechas adalah salah satu dari beberapa jenis bunga lavender aromatik yang berasal dari kawasan Mediterania dan tersebar dari daerah Pesisir Timur Spanyol, Perancis selatan, barat Italia, Yunani, Bulgaria, dan Turki.

Jenis lavender yang satu ini memiliki tinggi tanaman 30-100 cm bahkan ada yang 2 m (subspesies luisieri). Daunnya memiliki panjang 1-4 cm dan berwarna keabu-abuan. Dengan bunga yang berwarna merah muda dan ungu yang akan muncul pada akhir musim semi dan awal musim panas dengan panjang tangkai bunga sekitar 10-30 cm .

Ujung yang terdapat pada jenis bunga lavender Spanyol ini memiliki bentuk yang bisa dibilang unik, karena bunga di bagian ujungnya mekar seperti bunga lainnya dan berwarna ungu cerah dengan diameter berkisar antara 10-15 mm.

Jenis tanaman bunga lavender yang satu ini memiliki manfaat yakni biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan parfum dengan beraroma terapi dan dipercaya sangat ampuh untuk mengusir serangga karena memiliki aroma yang khas.

Selain itu, bunganya pun juga memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk mengobati sakit yang dirasakan di kepala, menstabilkan emosi, pilek demam dan mual, dan menyembuhkan luka, rematik dan sebagai obat nyamuk.

Lavandula multifida (lavender Mesir)

Lavandula Multifida adalah jenis yang dimiliki oleh keluarga bunga lavender yang berasal dari kawasan Mediterania Selatan, yang termasuk juga negara Iberia , Sisilia dan Canary Islands (Maroko, Portugal selatan dan Spanyol, norther Aljazair, Tunisia, Tripolitania, Calabria dan Sisilia, dengan populasi terisolasi di lembah Nil.).

Jenis bunga lavender ini memiliki batang berwarna abu-abu dan berbulu. Daunnya menyirip ganda. bunga berwarna ungu atau violet biru atau biru tua.

Lavender Multifida memiliki manfaatnya tersendiri yakni sebagai tanaman hias dan herbal.

Lavandula pinnata (Fernleaf Lavender)

Lavandula Pinnata ini merupakan salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari kawasan Canaries juga Madeira.

Jenis lavender ini memiliki tangkai bunga yang bercabang dan berwarna ungu, umumnya akan muncul pada musim panas, daunnya bercabang dan berwarna abu-abu

Salvia apiana (Lavender Putih)

Salvia apiana memiliki arti lebah ataupun sage putih yang tereletak pada kata “apiana”, jenis ini merupakan salah satu jenis bunga lavender yang berasal dari daratan Amerika ( Meksiko, California, Mojave dan gurun Sonoran).

Jenis ini memiliki tinggi tanaman 1,3 – 1,5 meter. Daun hijau hijau keabu-abuan dan mengandung minyak dan resin yang akan melepaskan aroma kuat ketika digosok. Panjang tangkainya berkisar antara 1-1,3 meter dan umumnya berwarna putih, terkadang merah muda, dan mulai berbuang saat musim semi tiba.

Jenis tanaman bunga lavender ini memiliki manfaat yang bisa digunakan sebagai bahan penyedap aroma makanan, seperti tepung terigu, gula, bubur ataupun biskuit. Akarnya yang dimiliki bunga jenis ini dapat digunakan untuk membuat teh yang bisa guna membantu proses pemulihan wanita yang telah melahirkan. Biasanya tanaman ini digunakan oleh beberapa suku di Amerika untuk upacara dan ritual-ritual tertentu.

Lavandula lanata

Lavandula Lanata merupakan jenis bunga lavender yang berasal dari negara Spanyol Selatan. Jenis tanaman lavender ini memiliki ciri khas yang berupa rambut atau bulu halus menyelimuti mulai dari ujung batang hingga ujung bunga.

Dikarenakan bulu halus yang dimiliki, tanaman ini seolah-olah tampak berwarna perak, yang terutamanya pada bagian daun. Untuk bunganya sendiri berwarna ungu tua.

Lavandula dentata (Lavender Perancis)

Lavandula Dentata ini merupakan satu dari banyaknya jenis bunga lavender aromatik yang berasal dari kawasan Mediterania, pulau-pulau Atlantik dan Semenanjung Arab (Spanyol timur, Aljazair Utara dan Maroko).

Jenis bunga lavender dentata ini memiliki tinggi yang bisa mencapai 60 cm, daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan berbentuk tombak dengan tepi bergigi dan bertekstur ringan seperti wol. Bunga lavender jenis ini memiliki bunga yang berwarna ungu dan pada bagian ujungnya berwarna ungu pucat.

Jenis dari bunga lavender dentata ini memiliki manfaat yang bisa digunakan sebagai tanaman hias dan diambil minyak esensialnya untuk dijadikan parfum. Di daerah Murcia jenis lavender ini biasanya digunakan sebagai obat sakit perut.

Lavandula angustifolia

Lavandula Angustifolia yang artinya berdaun sempit atau dikenal dengan lavender Inggris. Walaupun dikenal sebagai lavender Inggris, namun bukan berarti bunga ini berasal dari Inggris. Jenis ini merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang berasal dari kawasan Mediterania (Spanyol, Perancis, Italia, Kroasia dll).

Tak berbeda dengan jenis tanaman lavender yang lainnya, jenis tanaman ini termasuk tanaman semak aromatik yang bisa tumbuh mencapai tinggi 1 sampai 2 meter. Memiliki daun berwarna hijau dengan panjang 2-6 cm dengan diameter 4-6 mm. Bunganya pun berwarna merah muda-ungu.

Lavandula pedunculata

Lavandula Pedunculata adalah jenis bunga lavender aromatik yang berasal dari kawasan negara Iberia, Maroko dan Turki barat.

Jenis Lavender yang satu ini memiliki daun dengan warna hijau keabu-abuan yang berbentuk gerigi di ujung juga sempit, bunganya akan mekar di musim panas dan berwarna ungu sedangkan di bagian bunga yang terdapat di paling atas memiliki warna ungu atau merah muda dan mekar.

Lavandula rotundifolia

Lavandula Rotundifolia adalah salah satu jenis tanaman dalam varian bunga lavender yang berasal dari kawasan Cape Verde.

Jenis bunga lavender yang satu ini tumbuh di daerah dataran tinggi seperti di pulau Santo Antão , São Vicente São Nicolau , Santiago dan Fogo (terutama daerah Pico do Fogo ).

Jenis ini memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit perut.

Lavandula latifolia (Lavender Portugis)

Lavandula latifolia merupakan jenis tanaman bunga lavender ini berasal dari kawasan Mediterania pada bagian Barat, seperti Portugal,  Italia Utara (Liguria), Spanyol dan Perancis Selatan.

Lavandula latifolia lebih kuat, serta lebih tajam apabila dibandingkan dengan Lavandula Angustifolia.

Jenis ini memiliki tinggi 30-80 cm, dan daunnya berwarna hijau dengan panjang 3-6 cm dan lebar 5-8 mm. Memiliki bunga yang berwarna ungu pucat dengan tangkai bunga yang panjangnya sekitar 20-50 cm dan akan berbunga pada bulan Juni sampai September, itu pun juga tergantung pada cuaca.

Itulah berbagai jenis bunga lavender yang terdapat di belahan dunia. Bunga lavender pun juga memiliki manfaatnya masing-masing di setiap jenisnya. Manfaat bunga lavender antara satu dengan lainnya ada yang berbeda dan adapun yang sama.

Jika dilihat dari ukurannya yang kecil-kecil, memang lavender jarang dijadikan sebagai sebuah karangan bunga.

Sekian sampai disini dahulu pembahasan tentang jenis bunga lavender dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *