Langkah-Langkah Membuat Pupuk Kompos

Arti Warna Bunga Mawar
January 16, 2016
Jenis-Bunga-Lavender-dan-Manfaatnya
Jenis Bunga Lavender dan Manfaatnya
February 20, 2018
Show all

Langkah-Langkah Membuat Pupuk Kompos

Langkah-Langkah Membuat Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah bagian yang penting untuk tanaman. Pupuk kompos ini berfungsi membantu tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Sebenarnya pembuatan pupuk kompos meniru pembentukan humus pada alam. Anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan memanfaatkan limbah-limbah di sekitar anda. Berikut ini saya akan memberikan info untuk membuat pupuk kompos.

Alat bahan yang dibutuhkan adalah :

Pupuk kompos sampah coklat

Untuk pupuk kompos ini anda membutuhkan bahan bahan seperti daun kering, rumput kering, serbuk gergaji serutan kayu, sekam padi, limbah kertas , kulit jagung, jerami(batang padi) , dan tangkai sayuran.

Pupuk kompos dari bahan sampah coklat sifat fisiknya kering, kasar, berserat dan berwarna coklat. Umumnya mengandung unsur C carbon tinggi, sehingga baik diaplikasikan untuk tanaman agar cepat berbuah.

Pupuk kompos sampah hijau

Bahan yang anda butuhkan untuk pupuk kompos hijau ini adalah sayur-sayuran, buah-buahan, potongan rumput, daun segar, limbah rumah tangga, bubuk teh dan kopi, kulit telur, pupuk kandang (kotoran unggas seperti ayam, itik, sapi dan kambing). Untuk mudahnya pupuk kompos jenis ini bahan bakunya masih ada kadar airnya.

Pupuk kompos dari sampah hijau kaya dengan unsur Nitrogen ( N ) yang dibutuhkan mikroba untuk tumbuh dan berkembang. Baik diaplikasikan pada tanaman yang sedang dalam masa pertumbuhan cabang dan daun. Dan alat-alat yang digunakan adalah wadah atau tempat untuk membuat pupuk, sekop kecil atau alat untuk mencampur bahan-bahan tersebut, dan alat-alat lainnya yang sesuai untuk kebutuhan anda.

Langkah-langkah untuk membuat pupuk kompos adalah:

  1. Siapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. Siapkan wadah untuk membuat pupuk kompos tersebut. Pilihlah wadah yang menggunakan tutup atau yang bisa ditutup agar terhindar dari hal-ha yang akan merusak pembuatan pupuk
  3. Ambil tanah secukupnya untuk alas atau dasar dan masukkan ke dalam wadah yang sudah anda siapkan. Kemudian siram dengan air secukupnya
  4. Lalu masukkan limbah atau sampah yang ingin anda gunakan. Ratakan dan usahakan agar ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang anda masukkan tadi. Anda bisa memasukkan sesuai dengan kebutuhan anda. Namun anda perlu memperhatikan limbah atau sampah tersebut harus terbebas dari sampah lain seperti tulang ikan, tulang binatang, susu, lemak, minyak, kulit udang dan lain sebagainya karena sampah tersebut bisa menyebabkan munculnya belatung dan serangga seperti lalat.
  5. Setelah itu tutup kembali dengan menggunakan tanah dan disiram dengan air
  6. Tutup dengan penutup wadah tersebut agar terhindar dari hal-hal yang menyebabkan pupuk kompos menjadi rusak atau gagal. Seperti air hujan dan lalat.
  7. Tunggu hingga pupuk kompos jadi sekitar kurang lebih 3 minggu. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan jangan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Namun pupuk kompos ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantaranya:

Kelebihan

  • Harganya murah dan bisa dibuat sendiri dirumah
  • Mengandung unsur mikro yang baik dibandingkan dengan pupuk an organik atau pupuk kimia .
  • Lebih ramah lingkungan
  • Membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar-akar tanaman.
  • Mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara.

Kekurangan

  • Kandungan unsur hara tidak diketahui secara pasti
  • Tidak bisa diserap tanaman dengan cepat
  • Kandungan unsur hara yang rendah

Nah itu tadi cara membuat pupuk kompos sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa anda temukan di sekitar anda. Dan juga kelebihan dan kekurangan menggunakan pupuk kompos. Dengan begitu jika anda bisa meminimalisir biaya berkebun. Selain itu juga anda telah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan sekitar dengan tidak menggunakan pupuk kimia yang dapat merusak ekosistem di sekitarnya.

 


 

logo meme florist bali
BALI

flower box valentineMeme Florist Bali menyediakan flower box cantik sebagai hadiah bunga valentine. Berikan hadiah kepada orang terkasih mu bunga yang spesial sebagai pernyataan sayang. Tidak hanya buket bunga atau flower box, kami juga memiliki sekumpulan koleksi karangan bunga lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat si dia terkesan. Jangan lewatkan kesempatan untuk membuat momen spesial di Hari Valentine nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *